Rekomendasi Sekolah Kedinasan Terbaik untuk Jurusan IPS



Sekolah kedinasaan menjadi dambaaan orang-orang banyak. Sekolah ini dibuka untuk lulusan IPS harus menjadi perhatian para siswa yang ingin berkarier menjadi abdi negara atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Para siswa lulusan IPS dapat memilih satu di antara sekolah kedinasan yang sesuai dengan cita-cita dan harapannyya. Jurusan IPS memang salah satu jurusan yang paling sering ada di jenjang pendidikan SMA.

Diakui atau tidak, jurusan IPS kerap dinomorduakan ketimbangan IPA. PAdahal, nyatanya ada cukup banyak Sekolah IKatan Dinas atau Sekolah Kedinasaan yang menerima lulusan IPS.Berikut ini Sekolah Kedinasaan yang dibuka untuk jurusan IPS.


Berikut ini telah kami sajikan rekomendasi Sekolah Kedinasan untuk jurusan IPS. 

1.Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan sebuah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas yang paling cocok dipilih bagi kamu yang lulusan jurusan IPS.

Terlebih, kualitas pendidikan Perguruan Tinggi satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Lulusan IPDN juga telah banyak mengisi berbagai jabatan Pegawai Negeri Sipil di pemerintahan pusat maupun daerah. Hal yang perlu kamu ingat apabila hendak masuk IPDN adalah harus lolos syarat tinggi badan.

Bagi lulusan SMA jurusan IPS yang ingin mendaftarkan diri di IPDN, ada beberapa Program tudi yang bisa kamu pilih diantaranya:

- Diploma IV Politik Pemerintahan

- Diploma IV Manajemen Sumber Daya Aparatur

- Diploma IV Pembangunan dan Pemberdayaan

- Diploma IV Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil

- Diploma IV Keuangan Daerah

- S1 Manajemen Keuangan

- S1 Manajemen Pembangunan

- S1 Manajemen Pemerintahan

- S1 Manajemen Sumber Daya Manusia

- S3 Ilmu Pemerintahan


2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) 

STTD adalah sekolah ikatan dinas yang berada langsung dibawah naungan Dinas Perhubungan. Dinas Perhubungan ini menyelenggarakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi dalam bidan transportasi darat.

STTD juga membuka peluang untuk pada lulusan SMA terkhusus jurusan IPS untuk mendaftarkan diri. Berikut ini adalah Program Studi yang bisa kamu pilih: - Diploma II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) - Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) - Diploma III LLASDP - Diploma III Perkeretaapian - Diploma IV Transportasi Darat


3. Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelejen NEgara dapat dikatakan menjadi pusat pengkajian dan pengembangan ilmu oengetahuan dan teknologi intelejen.

Berawal dari satu pemikiran bahwa intelejen merupakan suatau disiplin ilmu yang dapat dipelajari, maka pada 2022, Kepala BAdan Intelejen Negara Jendral TNI (Purn)Dr. A.M. Hendropriyono memprakarsai pendirian perguruan tinggi di bidang ilmu intelijen. Akhirnya pada 9 Juli 2003, Presiden RI meresmikan berdirinya IIN (Institut Intelijen Negara).

Kemudian di tahun 2004 dimulai lah kuliah perdana dan IIN pun berganti nama menjadi STIN. Sekolah Tinggi Intelijen Negara menjadi pusat pendidikan Sesuai UU 17/2011 Alumni STIN menjadi sumber utama Sumber Daya Manusia Badan Intelijen Negara.

Jika jamu lulusan jurusan IPS dan ingin menjadi seorang intelijen negara maka bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Di bawah ini ada beberapa jurusan yang ada bisa kamu pilih antara lain:

- Jurusan Agen Intelijen Negara

- Jurusan Analis Intelijen Negara

 

4. Politeknik Imigrasu (Poltekim)

Bagi kamu yang aktif dalam kegiatan kemanussian dan Hak Asasi Manusia, tentu bisa melirik sekolah ikatan dinas yang satu ini. Politeknik Imigrasi adalah salah satu Perguruan Tinggi yang sudah berdiri sejak tahun 1962 di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

 

Berikut ada beberapa jurusan yang ada di Politeknik Imigrasi

antara lain adalah: - Diploma IV Hukum Keimigrasian - Diploma IV Administrasi Keimigrasian - Diploma IV Manajemen Teknologi Keimigrasian - Diploma III Keimigrasian Untuk para lulusan dari Politeknik Imigrasi tentu saja memiliki peluang yang terbuka lebar untuk bisa langsung masuk menjadi bagian dari Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kemenkumham.

5. Politeknik  Ilmu Pemasyarakatan

Politeknik  Ilmu Pemasyarakatan atau juga yang biasa disingkat dengan nama POLTEKIP adalah sebuah Perguruan Tinggi yang berdiri di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kader-kader yang dididik pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu kader profesional dalam bidang Pemasyarakatan. Sebelumnya politeknik ini adalah sebuah akademi yang sudah didirikan sejak tahun 1964 di daerah Gandul, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat.

Sekolah kedinasan Jurusan IPS ini terbilang cukup diminati dan bisa dijadikan salah satu tujuan tempat belajar yang prospektif. Hal tersebut dikarenakan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan adalah salah satu sekolah kedinasan yang berstatus ikatan dinas. Jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau POLTEKIM adalah Diploma III dengan Program Studi bidang Pemasyarakatan. Sistem pendidikan yang dianut oleh Politeknik satu ini juga mengacu pada beberapa Program Pendidikan yakni:

 - Program Pendidikan Akademis

- Program Pendidikan Kepribadian

- Program Pendidikan Profesi

- Program Pendidikan Jasmani

Demikianlah beberapa Sekolah Tinggi yang cocok untuk jurusan IPS. Nah, sambil belajar mempersiapkan diri disana kamu boleh mendengarkan lagu Komang yang sedang populer saat ini. Semoga bermanfaat yah!

Comments